Sabtu, 14 Mei 2011

TIPS SUKSES MEMBUKA ONLINE SHOP ala Ulyah saini..haaahhaha

Assalamualaikm..
Terima Kasih telah menyempatkan waktu anda untuk melihat blog Butik Uly. :)
CMIW...
heeh
kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana langkah awal memulai ONLINE SHOP..


Hi...all sista,


Sekedar tips aja buat sista yg mau & sudah membuka OL Shop
Di topik ini aq sekedar ingin share and berbagi pengalaman buat sista semua.
Semoga tips ini bermanfaat yaa...

TIPS UNTUK YANG BARU AKAN MEMBUKA ONLINE SHOP :
Langkah.1 :
>>. Seperti biasa sista mesti siapkan nama OL Shop yg akan sista buat. 
Saran aq sebaiknya nama OL Shop mengandung kata yang berhubungan dengan produk yg akan sista jual. (Misalkan mengandung kata : Butik, Baju, Fashion, Shop, dsb)
>>. Lebih baik sista membuat nama email tersendiri khusus buat OL Shop yg sista buat & lebih baik lagi email qta dapat sama dengan nama OL Shop qta.

>>. Sista musti rencanakan dulu produk yang nanti akan dijual apakah sista ambil dari OL Shop lain (reseller), Distributor Indo atau mungkin sista impor langsung dari pemasok di luar negeri.

>>. Yang sangat penting sista musti cermat dalam memilih produk yang akan sista jual nanti, karena banyak produk2 yang tampak pada photo bagus, menarik dan berharga murah, tetapi keadaan asli produknya jauh di bawah standar (replika). Biasanya produk demikian tidak sesuai spek sebenarnya dengan produk yang datang ke qta dan banyak juga yang datang ke Indonesia dalam keadaan cacat produksi (sobek pada jahitan, kancing lepas, baju yang ada payet hilang beberapa, dsb).
Itu kenyataan yang aq alami sewaktu pertama dulu pernah menjual produk replika dan aq impor langsung dari luar.

>>. Jika sista tidak mau sulit dan repot untuk pengadaan produk yang akan sista jual, sista dapat menjadi Reseller di OL Shop lain atau sista dapat ambil produk dari Distributor Lokal (Indo). 

>>. Tetapi jika sista berminat untuk impor langsung dari luar, harap persiapkan yang akan nanti digunakan untuk pembayaran ke suplier, impor menggunakan delivery apa, masalah yang akan dihadapi saat di Bea Cukai (pajak) dan kontak dengan suplier (bahasa).
Karena banyak suplier di luar negeri yang tidak mengerti bahasa Inggris, terutama untuk suplier di Taiwan dan Korea.
Juga sista harus sedikit mengerti dalam software Photo karena beberapa suplier menampilkan foto tidak 1 satu per 1 ketika qta download. Jadi sista harus meng-crop foto tersebut sebelum upload di FB OL Shop.
Ada juga terkadang harus menhapus tulisan website suplier yang tercantum pada foto.

>>.Harus cermat dalam kalkulasi harga produk yang akan qta jual, karena untuk suplier Taiwan dan Korea tidak mencantumkan berat pada masing2 item barang.
Jadi qta harus sedikit berpengalaman dalam memperkirakan berat pada masing2 item barang untuk biaya pengiriman. Juga biaya2 lainnya seperti : Pajak Bea Masuk, Fee Transfer Pembayaran Suplier (berbeda-beda nilainya tergantung qta menggunakan apa untuk jasa transfer pembayaran suplier).

Langkah.2 :
>>. Jika untuk pengadaan produk telah siap, sista musti siapkan bank untuk transfer pembayaran dari customer. Yang paling umum dan banyak dipakai saat ini menggunakan : BCA dan Mandiri.

>>. Persiapkan juga untuk fasilitas m-banking dan e-banking agar mempermudah melakukan pengecekan transfer pembayaran dari customer.

>>. Persiapkan fasilitas internet unlimited yang berkualitas cukup baik, karena akan menyusahkan sista apabila nanti sista telah benar2 OL tetapi jaringan inet qta jelek / sering terputus. Jadi sista juga musti cermat dalam memilih provider inet dan paket yang akan digunakan.

>>. Persiapkan delivery lokal yang akan digunakan untuk pengiriman barang ke customer. Biasanya di kota2 besar qta dapat member pada delivery tersebut, keuntungannya dalam pengiriman barang qta tidak perlu repot mengantarkan ke tempat paket delivery dan mereka yang akan ambil ke tempat qta walaupun hanya 1 buah paket sekalipun. 
Untuk menjadi member delivery sista tidak usah mengeluarkan biaya apapun.
Tetapkan tarif regular untuk customer, kecuali ada permintaan tertentu dari customer. Sedangkan berat paket kiriman tergantung jenis, bahan dan qty yang akan sista kirimkan ke customer.

>>. Umumnya patokan untuk berat barang :
1 pc : Blouse / Dress pendek / Celana Pendek Katun : +/-175-300gr
1 pc : Dress Panjang / Celana Pendek Jeans / Sweater : +/-200-350gr
1 pc : Mantel Tebal / Celana Panjang Jeans : +/-400-600gr
1 pc : Dompet kecil : +/-175-300gr
1 pc : Handbag : +/-500-800gr
1 pair : Sandal Flat / Low Heel : +/-300-600gr
1 pair : Sandal High Heel / Booth (low) : 550-850gr
1 pair : Booth (high) : 800-1200gr


Jika semuanya telah siap dan FB OL Shop sista sudah running, aq ingin share apa yang harus sista lakukan dalam berjualan dan menghadapi customer.
Hal-Hal terpenting yang harus dilakukan :

>>. Berilah service yang terbaik kepada customer.

>>. Segera merespon comment, inbox / SMS dari customer. 
Customer akan senang apabila qta cepat dalam merespon hal2 yang mereka tanyakan dan yang pasti customer paling tidak suka menunggu lama.

>>. Beri keterangan detail dan benar pada produk yang qta jual, baik keterangan pada masing2 item produk maupun pada saat customer menanyakan kepada qta. (size, warna ataupun bahan)
Jangan pernah memberikan keterangan yang tidak sebenarnya, karena customer akan kecewa pada saat berang tersebut datang ke tempat mereka.

>>. Layani customer dengan supel karena customer akan merasa betah berbelanja di FB qta apalagi ditunjang dengan produk yang qta jual berkualitas baik. 
Aq jamin customer gak akan lari / beralih dari OL Shop qta.
Memang ada kasus beberapa customer terlalu mendetail baik dalam menawar harga, tidak sabar menunggu kedatangan barang, dsb. Tetapi yang terpenting qta harus tetap bijak melayani mereka, bila perlu qta dapat sedikit menjelaskan permasalahannya agar mereka mengerti.

>>. Tepat janji dalam kedatangan barang, jangan qta menjanjikan yang tidak sebenarnya. Kecuali jika sewaktu-waktu diluar dugaan mengalami masalah, sista dapat jelaskan masalah yang sebenarnya dan beri pengertian kepada customer.

>>. Tetapkan harga jual yang proposional, jangan terlalu ingin mengambil keuntungan yang di luar batas.

>>. Sista harus mengerti dalam spek produk yang sista jual. 
Biasanya patokan Bust, Length, Waist, Hip untuk pakaian dan Size dalam sepatu, karena sepatu dari negara tertentu berbeda ukurannya dengan standar ukuran di Indonesia. Untuk sepatu sista paling akurat memakai patokan panjang kaki dari ujung jari sampai ujung tumit (berapa cm/mm) terus sista konversikan. Sista dapat dibantu dengan menggunakan tabel standar internasional untuk ukuran sepatu.

>>. Ada baiknya apabila sista mempunyai dana lebih dan mempunyai pekerjaan lain, sista lengkapi dengan Blackberry, karena akan sangat membantu apabila sista tidak sedang standby di tempat.

>>. Tambahkan fasilitas Yahoo Messenger pada PC / Blackberry qta.

Semoga bermanfaat buat sista semua, baik untuk customer, calon owner ataupun untuk owner yang telah memiliki OL Shop.
Maaf jika shared yang aq berikan ad kesalahan dan kekurangan, kerena shared yang aq tulis pada topik K.O.S ini berdasarkan pengalaman dan yang aq jalani selama ini.
Dengan senang hati jika ada OL Shop lain yang mau shared / comment untuk manambahkan kritik dan masukkan jika ada kekurangan / kesalahan dari tulisan yang aq sampaikan di atas. 
Maaf juga apabila aq dalam melayani service kepada customer masih banyak kekurangan, tetapi yang pasti aq tetap untuk berusaha dan menjaga service terbaik untuk customerku. Thanks for All.





Sukses selalu u kita semua :)
♥ You're Welcome ♥

Best Regards : Ulyah Saini

Reaksi:

3 komentar:

trheadnya kok gak bisa dibuka yah?? page not found katanya. trus gimana caranya buat baca artikel yang lain?

Ijin menyimak mba tips sukses membuka online shopnya, dan banayak info lainnya nih, nice share..

Posting Komentar