Untuk menyelesaikan Tugas Pertama dari Mata Kuliah Multimedia Pembelajaran
Kata media berasal dari
bahasa Latin Medius yang secara harfiah berarti ”Tengah”, ”Perantara”,
atau ”Pengantar”. Dalam bahasa arab ”Media” adalah perantara atau pengantar
pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Gerlach & Ely (dalam Arsyad,
2002:3) menyatakan bahwa ”media apabila dipahami secara garis besar adalah
manusia, materi, atau kejadian, yang membangun kondisi yang membuat peserta
didik mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap”. Berdasarkan
pengertian tersebut maka yang dimaksud media diantaranya adalah guru, buku
teks, dan lingkungan
sekolah.
Sementara
itu Romiszowki (dalam Darmojo,1991:8) mengatakan bahwa ”media ialah pembawa
pesan yang berasal dari suatu sumber pesan (yang dapat berupa orang atau benda)
kepada penerima pesan”. Adapun yang dimakud penerima pesan adalah siswa. Jadi
media merupakan suatu perantara untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada
siswa.
Webster
mendefinisikan Graphics sebagai seni atau ilmu menggambarkan, terutama
penggambaran mekanik. Dalam pengertian media visual, istilah Graphic Material mempunyai
arti yang lebih luas, bukan hanya sekedar menggambarkan. Dalam bahasa yunani,
graphikos mengandung pengertian melukiskan atau menggambarkan garis- garis.
Sebagai kata sifat, graphics diartikan sebagai penjelasan yang hidup, uraian
yang kuat, atau penyajian yang efektif.
Ada
dua macam fungsi media grafis, salah satunya fungsi umum yang dimana media
grafis berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Saluran
yang dipakai menyangkut indera penglihatan. Sedangkan secara khusus media
grafis berfungsi pula untuk menarik perhatian. Memperjelas sajian ide,
mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan atau
diabaikan bila tidak digrafiskan. Dalam penerima pesan banyak di tuangkan dalam
bentuk simbol-simbol komunikasi visual.
Simbol-simbol
tersebut perlu dipahami benar artinya agar proses penyampaian pesan dapat
berhasil dan efisien.serta untuk definisi tersebut dipadukan dengan pengertian
praktis, maka grafis sebagai media, dapat mengkomunikasikan fakta-fakta dan
gagasan-gagasan secara jelas. Pengungkapan itu bisa berbentuk grafik. Kata-kata
dan angka-angka dipergunakan sebagai judul dan penjelasan kepada grafik ,bagan,
diagram, poster kartun dan komik. Sedangkan sket, lambang,dan bahkan foto
dipergunakan pada media grafis untuk mengartikan fakta, pengertian dan gagasan
yg pada hakikatnya penyampaian presentasi grafis.
Contoh Pembelajaran Grafik berbasis pembelajaran Elktronika
Menurut
George Simon Ohm (1827), prinsip hokum ohm ini adalah besarnya arus listrik
yang mengalir melalui sebuah penghantar metal pada rangkaian, ohm menemukan
sebuah persamaan yang simple, menjelaskan bagaimana hubungan antara tegangan,
arus, dan hambatan yang saling berhubungan
Persamaan
di atas disebut hukum Ohm, dengan R adalah hambatan yang dinyatakan dalam
satuan ohm ditulis dalam simbol Ω (omega). Berdasarkan hukum Ohm, 1 ohm
didefinisikan sebagai hambatan yang digunakan dalam suatu rangkaian yang
dilewati, kuat arus sebesar 1 ampere dengan beda potensial 1 volt. Oleh karena
itu, kita dapat mendefinisikan pengertian hambatan yaitu perbandingan antara
beda potensial dan kuat arus.
Ampere
Definisi
satu ampere adalah satu coulomb muatan yang bergerak melalui sebuah titik dalam
satu sekon. Arus listrik dapat terjadi apabila di dalam sebuah rangkaian
terdapat beda potensial. Hubungan antara kuat arus listrik dan beda potensial
listrik secara grafik dapat dilihat pada Gambar 9.1. Hubungan linier antara
kuat arus dan beda potensial menunjukkan makin besar beda potensial makin besar
kuat arusnya. Hubungan kesebandingan antara beda potensial dan kuat arus perlu
adanya faktor pembanding yang disebut hambatan.
Contoh
Soal 9.1 Pada sebuah percobaan hukum Ohm, diperoleh grafik seperti pada gambar
di bawah ini!
Untuk Lebih jelasnya, teman-teman bisa mengunduhnya di sini Download File Grafik
Dan ini contoh hasil Media Pembelajaran saya yaitu Media Pembelajaran Grafik dalam Pembelajaran Jaringan Multimedia
Dalam Representasi Perbandingan User Engine Berdasarkan berbagai macam Operating System
Dan ini contoh hasil Media Pembelajaran saya yaitu Media Pembelajaran Grafik dalam Pembelajaran Jaringan Multimedia
Dalam Representasi Perbandingan User Engine Berdasarkan berbagai macam Operating System
0 komentar:
Posting Komentar