Stasiun
televisi setiap harinya menyajikan berbagai jenis program yang jumlahnya sangat
banyak dan jenisnya sangat beragam. Pada dasarnya apa saja dapat dijadikan
program untuk ditayangkan di televisi selama program itu menarik dan disukai
oleh audience, dan selama tidak bertentangan dengan kesusilaan, hukum, dan
peraturan berlaku. Menurut vane Gross (1994), menentukan jenis program berarti
menentukan atau memilih daya tarik (appeal) dari suatu program. Adapun yang
dimaksudkan dengan daya tarik di sini adalah
bagaimana suatu program mampu menarik audiencenya.
Menurut
Vane Gross “The programmers must select the appeal through which the audience
will be reached (programmer harus memilih daya tarik yang merupakan cara untuk
meraih audiens).
Media Pembelajaran Program Televisi merupakan media yang menarik dan modern. Dan merupakan media pembelajaran dari jenis bahan siaran. Program televisi yang berbasis edukasi dapat menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik dalam menyampaikan pesan-pesan pembelajaran secara audio visual dengan disertai unsur gerakan. Seperti Program Televisi mengenai pembelajaran elektronika di Fajar TV dalam Info Gadget, di kemas dalam suguhan siaran program TV disertai dengan kenyataan luar, video-video dan penjelasan yang menarik. Dengan adanya media pembelajaran ini, dapat memberikan kita pengetahuan yang luas dari penjelasan isi dalam program televisi itu sendiri.
Program televisi Info Gadget mengenai Serangan Tablet PC Cina yang ditayangkan di Fajar TV Setiap Hari Minggu setiap jam & Malam WITA.
Pengertian Program Televisi
Kata
“program” itu sendiri berasal dar bahasa inggris programme atau program yang
berarti acara atau rencana. Undang-undang penyiaran Indonesia tidak menggunakan
kata program untuk acara tetapi menggunakan istilah “siaran” yang didefinisikan
sebagai pesan atau rangkaian pesan yang disajikan dalam berbagai bentuk.
Dengan
demikian pengertian program adalah segala hal yang ditampilkan stasiun
penyiaran untuk memenuhi kebutuhan audiencenya . Program atau acara yang
disajikan adalah faktor yang membuat audience tertarik untuk mengikuti siaran
yang dipancarkan stasiun penyiaran apakah itu radio atau televisi.
Karakteristik
suatu program televisi selalu mempertimbangkan agar program acara tersebut itu
digemari atau dapat diterrima oleh audience. Berikut ini empat hal yang terkait
dalam kerkteristik suatu program televisi :
a.
Product, artinya materi program yang dipilih
haruslah yang begus dan diharapkan akan disukai audience yang dituju.
b. Price, artinya biaya yang harus dikeluarkan
untuk memproduksi atau membeli program sekaligus menentukan tarif bagi pemasang
iklan yang berminat memasang iklan pada program bersangkutan.
c.
Place, artinya kapan waktu siaran yang tepat
program itu. Pemilihan waktu siar yang tepat bagi suatu program akan sangat
membantu keberhasilan program bersangkutan.
d.
Promotion, artinya bagaimana memperkenalkan
dan kemudian menjual acara itu sehingga dapat mendatangkan iklan
dan sponsor.
Untuk Lebih jelasnya dapat anda download pada file
Pen
0 komentar:
Posting Komentar