Kamis, 10 Mei 2012

Media pembelajaran Berbasis Program televisi


Stasiun televisi setiap harinya menyajikan berbagai jenis program yang jumlahnya sangat banyak dan jenisnya sangat beragam. Pada dasarnya apa saja dapat dijadikan program untuk ditayangkan di televisi selama program itu menarik dan disukai oleh audience, dan selama tidak bertentangan dengan kesusilaan, hukum, dan peraturan berlaku. Menurut vane Gross (1994), menentukan jenis program berarti menentukan atau memilih daya tarik (appeal) dari suatu program. Adapun yang dimaksudkan dengan daya tarik di sini adalah  bagaimana suatu program mampu menarik audiencenya.
Menurut Vane Gross “The programmers must select the appeal through which the audience will be reached (programmer harus memilih daya tarik yang merupakan cara untuk meraih audiens).
             
Media Pembelajaran Program Televisi merupakan media yang menarik dan modern. Dan merupakan media pembelajaran dari jenis bahan siaran. Program televisi yang berbasis edukasi dapat menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik dalam menyampaikan pesan-pesan pembelajaran secara audio visual dengan disertai unsur gerakan. Seperti Program Televisi mengenai pembelajaran elektronika di Fajar TV dalam Info Gadget, di kemas dalam suguhan siaran program TV disertai dengan kenyataan luar, video-video dan penjelasan yang menarik. Dengan adanya media pembelajaran ini, dapat memberikan kita pengetahuan yang luas dari penjelasan isi dalam program televisi itu sendiri.
Program televisi Info Gadget mengenai Serangan Tablet PC Cina yang ditayangkan di Fajar TV Setiap Hari Minggu setiap jam & Malam WITA.


Pengertian Program Televisi
           Kata “program” itu sendiri berasal dar bahasa inggris programme atau program yang berarti acara atau rencana. Undang-undang penyiaran Indonesia tidak menggunakan kata program untuk acara tetapi menggunakan istilah “siaran” yang didefinisikan sebagai pesan atau rangkaian pesan yang disajikan dalam berbagai bentuk.
           Dengan demikian pengertian program adalah segala hal yang ditampilkan stasiun penyiaran untuk memenuhi kebutuhan audiencenya . Program atau acara yang disajikan adalah faktor yang membuat audience tertarik untuk mengikuti siaran yang dipancarkan stasiun penyiaran apakah itu radio atau televisi.

Karakteristik suatu program televisi selalu mempertimbangkan agar program acara tersebut itu digemari atau dapat diterrima oleh audience. Berikut ini empat hal yang terkait dalam kerkteristik suatu program televisi :
a. Product, artinya materi program yang dipilih haruslah yang begus dan diharapkan akan disukai audience yang dituju.
b. Price, artinya biaya yang harus dikeluarkan untuk memproduksi atau membeli program sekaligus menentukan tarif bagi pemasang iklan yang berminat memasang iklan pada program bersangkutan.
c. Place, artinya kapan waktu siaran yang tepat program itu. Pemilihan waktu siar yang tepat bagi suatu program akan sangat membantu keberhasilan program bersangkutan.
d. Promotion, artinya bagaimana memperkenalkan dan kemudian menjual acara itu sehingga dapat mendatangkan iklan dan sponsor.

Untuk Lebih jelasnya dapat anda download pada file




Pen

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar