¨ Apakah Media pembelajaran itu?
Menurut Gene L. Wilkinson (1980) mengartikan media sebagai alat dan bahan selain buku teks yang dapat dipergunakan untuk menyampaikan informasi dalam suatu situasi belajar mengajar. Menurut Gagne (1970), media adalah
berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Menurut Wong, mengartikan media adalah
sebagai alat atau mekanisme untuk menyalurkan pesan keindraan siswa/ sasaran didik.
Istilah media berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari medium. Secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Pengertian umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi.
Briggs mengartikan media sebagai alat untuk memberikan perangsang bagi siswa agar terjadi proses belajar
NEA ( National Education Association) berpendapat media adalah segala benda yang dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang digunakan untuk kegiatan tersebut.
Briggs mengartikan media sebagai alat untuk memberikan perangsang bagi siswa agar terjadi proses belajar
NEA ( National Education Association) berpendapat media adalah segala benda yang dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang digunakan untuk kegiatan tersebut.
¨Media ia
sebagai alat dan sumber pengajaran tidak bisa menggantikan guru
sepenuhnya,artinya
media tanpa guru
suatu hal yang
mustahil dapat meningkatkan kualitas pengajaran. Peranan guru
masih tetap diperlukan sekalipun
media telah merangkum semua bahan bahan pengajaran yang
diperlukan oleh siswa.
¨ Media
adalah alat dan sarana untuk mencapai tujuan pengajaran,serta
media bukanlah tujuan
Kegunaan Media :
¨Secara umum
media pendidikan mempunyai kegunaan-kegunaan sebagai berikut:
1.Memperjelas penyajian pesan agar
tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka).
2.Mengatasi keterbataasan
ruang, waktu dan daya indera.
ruang, waktu dan daya indera.
3.Dengan menggunakan
media pendidikan secara tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif anak didik.
4. Dengan sifat yang
unik pada tiap siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang
berbeda, sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru
akan banyak mengalami kesulitan bilamana semuanya itu harus diatasi sendiri. Apalagi bila latar belakang lingkungan guru
dengan siswa juga berbeda.
Untuk selebihnya , anda bisa mendownloadnya dalam bentuk file presentasi dari kelompok kami dalam membakan file presentasi dari Media Pembelajaran
0 komentar:
Posting Komentar