Kamis, 10 Mei 2012

Pengertian Media Pembelajaran

¨         Apakah Media pembelajaran itu?
Menurut Gene L. Wilkinson (1980) mengartikan media sebagai alat dan bahan selain buku teks yang dapat dipergunakan untuk menyampaikan informasi dalam suatu situasi belajar mengajar. Menurut Gagne (1970), media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Menurut Wong, mengartikan media adalah sebagai alat atau mekanisme untuk menyalurkan pesan keindraan siswa/ sasaran didik.

          Istilah media berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari medium. Secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Pengertian umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi.

 Briggs mengartikan media sebagai alat untuk memberikan perangsang bagi siswa agar terjadi proses belajar

NEA ( National Education Association) berpendapat media adalah segala benda yang dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang digunakan untuk kegiatan tersebut.

¨Media ia sebagai alat dan sumber pengajaran tidak bisa menggantikan guru sepenuhnya,artinya media tanpa guru suatu hal yang mustahil dapat meningkatkan kualitas pengajaran. Peranan guru masih tetap diperlukan sekalipun media telah merangkum semua bahan bahan pengajaran yang diperlukan oleh siswa.
¨      Media adalah alat dan sarana untuk mencapai tujuan pengajaran,serta media bukanlah tujuan
Kegunaan Media :
¨Secara umum media pendidikan mempunyai kegunaan-kegunaan sebagai berikut:

1.Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka).
2.Mengatasi keterbataasan
ruang, waktu dan daya indera.
3.Dengan menggunakan media pendidikan secara tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif anak didik.   
4. Dengan sifat yang unik pada tiap siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru akan banyak mengalami kesulitan bilamana semuanya itu harus diatasi sendiri. Apalagi bila latar belakang lingkungan guru dengan siswa juga berbeda. 
Untuk selebihnya , anda bisa mendownloadnya dalam bentuk file presentasi dari kelompok kami dalam membakan file presentasi dari Media Pembelajaran
 
 

0 komentar:

Posting Komentar